WarungKopi

    SIOMAY ASLI RASA IKAN TENGIRI

    Share
    avatar
    shia shia
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting : 1020
    Age : 26
    Lokasi : MEDAN
    Registration date : 26.09.08

    SIOMAY ASLI RASA IKAN TENGIRI

    Post by shia shia on Sun Nov 02, 2008 12:58 pm





    Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri

    Bahan siomay :

    300 g daging ikan tenggiri, cincang halus

    50 g tepung kanji (atau secukupnya sampai adonan dirasa udah pekat nempel)

    100 ml air kaldu (saya pakainya kaldu dari tulang ikan tenggiri)

    1 sdm minyak wijen

    1 butir telur ayam, kocok lepas

    1 batang daun bawang

    merica, garam, gula secukupnya

    Bahan saus kacang :

    300 g kacang tanah sangrai

    4 bh bawang putih

    cabai merah secukupnya (kira-kira cabe merah besar 5 buah dibuang bijinya, cabe merah keriting 4 buah. Atau sesukanya deh selera pedasnya.)

    2 sdm gula pasir

    2 sdm garam

    air matang secukupnya

    Bahan pelengkap :

    Kol, dibuang ya tulangnya yang tebel dan keras

    Tahu putih

    Pare

    Kentang

    Telor ayam rebus

    Jeruk limau

    Kecap

    Saus sambal

    Cara membuat :

    1. Pare dibuang bijinya. Potong-potong silinder kira-kira tinggi 6 cm yang bolong atas bawahnya. Kentang dipotong juga dikira-kira deh.

    Potong tahu jadi segitiga kira-kira masing-masing sisi 6 cm, lalu kerok salah satu sisinya. Kerukan tahunya ini diancurin, lalu campur jadi satu dengan bahan siomay. Nah, pokoknya bahan siomay dirasa-rasa udah cukup pekat nempel atau belum.

    2. Nah, adonan siomay ini terus dimasukkin ke bagian tahu yang dikeruk, masukkin juga ke dalam pare, nah sisanya dibulet-buletin pake sendok terus direbus di air mendidih sampai matang. Tandanya udah matang, buletan ini akan mengapung di air.

    3. Kukus kol, kentang, pare, tahu sampai matang. Jangan lupa jaring-jaring dandangnya dialasi plastik tahan panas supaya yang dikukus tidak nempel di jaring-jaring dandang.

    4 Nah, sekarang bikin saus kacangnya yuk. Kacang diulek sampai halus, sisihkan. Goreng cabai dan bawang putih sampai layu lalu haluskan bersama gula dan garam. Campur dengan kacang halus. Tambahkan air secukupnya, pokoknya sampai kental atau encer sesuai selera.

    5. Hidangkan deh siomay, kol, tahu, kentang, pare, dan telor. Tambahin kecap sama perasan jeruk limau. Dan saus sambal kalo kurang pedas (maklumlah orang indonesia, keringat juga rasanya pedas, hehe). Huiiihhh...........dijamin rasanya bener-bener rasa ikan tenggiri. Gak kayak yang di abang-abang. Entah rasa tepung atau daging. Sukur-sukur daging ikan tenggiri, rasa-rasanya sih daging tikus atau cicak atau malah kucing. Huweekkkk....sumpah bo’, gua merinding. Hiiyyy. Pokoknya resep siomay ini dijamin enak! Selamat mencoba.

      Waktu sekarang Thu Oct 19, 2017 3:30 am