WarungKopi

    Right Time to Eat

    Share
    avatar
    Cj'88
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 1312
    Age : 29
    Registration date : 31.10.08

    Right Time to Eat

    Post by Cj'88 on Thu Dec 04, 2008 12:23 pm

    Bosan menjalani program diet yang itu-itu saja, dan tanpa hasil? Anda bisa coba program the body clock diet alias diet sesuai jam tubuh. Pola diet yang diciptakan Lyndel Costain, seorang ahli diet sekaligus penulis buku The Body Clock Diet ini membuat Anda dapat tetap mengonsumsi variasi makanan, namun tetap langsing.

    Menurut Costain, sebetulnya tubuh memiliki ritme yang bisa mengatur sendiri metabolisme, selera makan, tidur, dan level energi secara alami. Pada pagi dan siang hari, karena harus menjalani aktivitas, berarti tubuh membutuhkan makanan yang bisa mendongkrak energi. Di malam hari, karena aktivitas berkurang, jenis makanan yang diperlukan adalah yang bisa membuat tubuh lebih relaks.

    "Jenis-jenis makanan yang dikonsumsi pada waktu tertentu, bisa memberikan efek tertentu pula pada tubuh. Bisa berdampak baik, bisa pula sebaliknya. Tergantung pada ritme tubuh dalam memproses makanan yang berhubungan dengan daya kerja sistem saluran pencernaan, yang berbeda pada pagi, siang, dan malam hari," Costain menjelaskan dalam bukunya.

    KENALI ALARM TUBUH

    Tubuh sebenarnya memiliki 'alarm' ketika merasa lapar, dan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu sesuai waktu makan, Anda bisa mengendalikan rasa lapar. Berikut ini panduan makan sesuai perputaran jam selama sehari.

    Pukul 07.00 - 09.00

    Sarapan sama pentingnya dengan siang. Hanya, jumlah atau kebutuhan makan pagi tidak sebanyak siang. Secara persentase, jumlah pagi cukup sekitar seperempat makanan yang seharusnya dikonsumsi sehari, yakni sekitar 400 dari 1.500-1.700 kalori per hari.

    Sarapan buah-buahan memang praktis. Banyak perempuan yang hanya makan buah di pagi hari dengan ingin menurunkan bobot. Namun, jika hanya mengonsumsi buah saja untuk santapan pagi, sebenarnya tidak tepat. Buah-buahan memang sumber vitamin C dan serat baik, namun bukanlah sumber hidrat yang baik. Sebaiknya Anda menjadikan buah hanya sebagai pendamping makanan yang gandung karbohidrat berserat, seperti roti gandum, dan sereal.

    Pukul 09.00 - 12.00

    Hati-hati, pada jam-jam ini hasrat ngemil cukup tinggi. Jangan tergoda membuka bungkus cokelat untuk ngemil sebelum makan siang. Bila Anda ngemil cokelat dan makanan manis lainnya, energi untuk siang hari bisa tersedot. Cara terbaik agar otak bisa terus bekerja, perbanyaklah minum air putih. Dehidrasi bisa menurunkan kinerja beberapa organ tubuh, terutama otak ginjal, dan kulit. Tambahan cairan untuk tubuh, selain dari air putih, juga bisa dari jus buah, teh, kopi, atau susu.

    Pukul 12.00 - 18.00

    Level energi tubuh tidak hanya bisa ditentukan dari jenis makanan yang dikonsumsi, tapi juga lewat bioritme tubuh. Perubahan ini juga tergantung pada kadar cortisol yang bisa menyedot energi di sore hari. Untuk menaklukkan rasa kantuk, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat saat makan siang, karena bisa mendongkrak seretonin, yang bisa membuat tubuh lemas.

    Makanan yang kaya kandungan protein, seperti daging merah, daging ayam,dan ikan laut seperti sarden, di tambah kacang polong, bisa menjadi pilihan makan siang. Sebab, bisa membangkitkan energi karena mengandung zat besi. Barengi dengan minum jus buah, karena membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik dan kandungan bioflavonid dalam buah juga mampu menyerap kandungan gizi lainnya. Sebagai teman di sore hari, Anda juga bisa makan camilan pisang atau ubi rebus.

    Pukul 18.00 - 21.00

    Pada malam hari,daya kerja lambung melambat. Jadi, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, namun dengan sedikit lemak. Misalnya, salmon yang dipadu dengan sayuran dan buah-buahan. Jumlah porsi makan juga jangan berlebihan. Karena, bila kekenyangan di malam hari, dapat mengakibatkan saluran pencernaan makanan bekerja keras, dan perut terasa penuh sekaligus kembung.

    Konsumsi protein yang berlebihan pada makan malam juga dapat mengganggu saat akan masuk tidur, karena dapat meningkatkan produksi hormon neropinephrin dan dopamin. Akibatnya, kesadaran akan meningkat sehingga Anda jadi sulit tidur.

    Pukul 21.00 - hingga pagi hari

    Pada jam-jam ini, tubuh kita sedang beristirahat, namun sel-sel dalam tubuh justru sedang sibuk mengolah makanan yang sudah dicerna untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Dengan kata lain, pada saat ini tubuh sedang mengalami proses regenerasi dan stabilisasi (penggantian sel-sel yang rusak).

    Supaya proses tersebut berjalan lancar, janganlah diganggu dengan mengonsumsi makanan berat. Kalau mengonsumsi makanan berat, hasil metabolisme tidak berjalan dengan lancar dan maksimal. Untuk menekan hasrat ngemil, makanlah buah yang mudah dicerna tubuh; sehingga tidak mengganggu proses metabolisme.

    BTeo
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 2186
    Age : 34
    Registration date : 17.09.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by BTeo on Thu Dec 04, 2008 4:15 pm

    Wah info yg menarik.
    Segera di praktekkan....
    avatar
    tonz
    WarungKopi DIVA
    WarungKopi DIVA

    Male
    Jumlah posting : 985
    Age : 29
    Registration date : 24.10.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by tonz on Thu Dec 04, 2008 10:19 pm

    1 lg wa ks +an
    3jam sebelum kita boboo bagusan jgn muakan yg berat2 lg
    krn bs membuat darah kita mengental en bs mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah d hr tua nanti..

    tp hal ini lah yg sulit kita hindari, kebykan org stlh muakan lgsg boboo
    itu gk bagus buat badan loh > <
    avatar
    MF
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 1378
    Age : 32
    Lokasi : Medan
    Registration date : 25.10.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by MF on Thu Dec 04, 2008 10:37 pm

    nice post..
    avatar
    vinn_ipoyo
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting : 1897
    Age : 28
    Lokasi : Sumwhere i belong...
    Registration date : 26.09.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by vinn_ipoyo on Fri Dec 05, 2008 1:45 pm

    nice post..
    avatar
    sakura_boyz
    King Of Warkop
    King Of Warkop

    Male
    Jumlah posting : 2525
    Age : 33
    Lokasi : M.E.D.A.N city
    Registration date : 17.09.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by sakura_boyz on Tue Dec 09, 2008 8:56 pm

    dicoba dulu ah...
    Hehehe..
    avatar
    i_am_badboyz
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 2412
    Age : 33
    Lokasi : M-City
    Registration date : 23.10.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by i_am_badboyz on Mon Dec 15, 2008 1:22 am

    nice info
    avatar
    King.herlmand
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 1743
    Age : 34
    Lokasi : Tempat paling rame
    Registration date : 03.10.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by King.herlmand on Sat Jan 24, 2009 10:03 pm

    info bgs
    avatar
    Cj'88
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 1312
    Age : 29
    Registration date : 31.10.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by Cj'88 on Wed Jan 28, 2009 10:46 am

    haha.. dah diterapkan blm ni?? hahaha..
    avatar
    King.herlmand
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 1743
    Age : 34
    Lokasi : Tempat paling rame
    Registration date : 03.10.08

    Re: Right Time to Eat

    Post by King.herlmand on Thu Jan 29, 2009 5:27 pm

    susah terapkannya neh hahaha

    kl uda sbk mn bs ikt jadwal lg hahaha

    Sponsored content

    Re: Right Time to Eat

    Post by Sponsored content


      Waktu sekarang Wed Dec 13, 2017 2:07 pm