WarungKopi

    Emas sebagai penangkal Inflasi

    Share

    sakura_boyz
    King Of Warkop
    King Of Warkop

    Male
    Jumlah posting : 2525
    Age : 32
    Lokasi : M.E.D.A.N city
    Registration date : 17.09.08

    Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by sakura_boyz on Sun Oct 05, 2008 12:33 am

    Banyak orang percaya emas adalah produk investasi yang bisa menangkal inflasi. Dan memang, sejarah membuktikan emas akan diborong orang apabila terjadi kepanikan yang bisa membahayakan ekonomi negara, seperti inflasi tinggi, krisis keuangan, atau perang.

    Inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa secara umum. Inflasi bisa menggerogoti uang Anda. Kalau asumsi inflasi 15 persen/tahun, maka harga barang & jasa yang sekarang bernilai Rp 5 juta, akan menjadi Rp 10,06 juta atau dua kali lipat pada tahun ke-6, dan Rp 15,3 juta atau tiga kali lipat pada tahun ke-9, dan seterusnya.

    Menurut keparahannya, ada tiga tipe inflasi:

    1. Inflasi Moderat, yaitu apabila laju inflasi hanya berada di bawah dua digit per tahun (di bawah 10 persen)

    2. Inflasi Ganas, yaitu apabila laju inflasi berada pada dua digit per tahun (10 persen - 99 persen)

    3. Inflasi Hiper, yaitu apabila laju inflasi berada pada tiga digit per tahun (100 persen atau lebih)

    Tulisan ini akan membahas tentang apa yang bisa Anda lakukan agar bisa menghadapi inflasi. Bila Anda bukan termasuk pengambil keputusan di pemerintahan, Anda mungkin tidak bisa ikut menurunkan tingkat inflasi. Yang bisa Anda lakukan sebagai individu, hanyalah bagaimana agar Anda bisa mengambil 'keuntungan' dari terjadinya inflasi tersebut. Bagaimana caranya? Saya menyarankan agar Anda melakukan investasi pada instrumen yang akan naik pesat apabila terjadi inflasi tinggi. Apa itu? Emas.

    Ketika Cina diserbu Jepang pada masa Perang Dunia, rakyat Cina panik dan mereka berbondong-bondong menyerbu emas sehingga harga emas naik luar biasa. Di Indonesia, pada saat terjadi rush kebutuhan pokok di pasar swalayan pada 8 Januari 1998 (pagi hari sebelum pengumuman APBN oleh Presiden Suharto di hadapan DPR), harga emas juga langsung melonjak. Dalam selang satu dua hari saja, harga emas langsung naik kurang lebih sebanyak 1,5 kali. Dan harga tersebut, walaupun secara fluktuatif, cenderung naik terus waktu itu --sebelum akhirnya turun lagi ketika inflasi kembali berada di bawah dua digit.

    Fakta membuktikan, bila terjadi inflasi tinggi, harga emas akan naik lebih tinggi daripada inflasi. Semakin tinggi inflasi, semakin tinggi kenaikan harga emas. Statistik menunjukkan bahwa bila inflasi mencapai 10 persen, maka emas akan naik 13 persen. Bila inflasi 20 persen, maka emas akan naik 30 persen. Tetapi bila inflasi 100 persen, maka emas Anda akan naik 200 persen. Inilah kenapa Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Ini karena emas dipercaya sebagai investasi penangkal inflasi. Semakin tinggi inflasi, biasanya akan semakin baik kenaikan nilai emas yang Anda miliki. Tetapi, patut dicatat bahwa harga emas akan cenderung konstan bila laju inflasi rendah, bahkan cenderung sedikit menurun apabila laju inflasi di bawah dua digit. Jadi, emas hanya akan bagus bila terjadi inflasi moderat (dua digit), dan akan lebih bagus lagi bila terjadi inflasi hiper (tiga digit). Investasi emas

    Emas tersedia dalam beberapa pilihan. Beberapa di antaranya yang paling dikenal adalah emas perhiasan dan emas batangan. Satu yang juga mulai populer di Indonesia adalah koin emas.

    Bila Anda berinvestasi emas untuk jangka pendek, biasanya akan sulit mendapatkan keuntungan kalau bentuknya emas perhiasan. Ini karena kalau Anda datang ke toko dan membeli emas perhiasan, Anda harus membayar harga emas plus ongkos pembuatannya. Nah, ketika suatu saat Anda menjualnya kembali, maka toko tidak akan mau membayar ongkos pembuatan dari perhiasan emas tersebut. Ia hanya akan membayar harga emasnya saja. Malah, masih untung sebetulnya kalau toko mau menerima emas perhiasan Anda. Beberapa toko kadang-kadang menolak penjualan emas perhiasan dari masyarakat. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah karena mereka takut kalau-kalau emas perhiasan itu tidak laku lagi apabila dijual. Jadi, kalaupun mereka membelinya lagi, mereka harus melebur emas tersebut.

    Karena itu, investasi dalam bentuk emas perhiasan lebih untung kalau disimpan untuk jangka panjang. Karena biasanya harga emas Anda sudah naik jauh dibanding ketika Anda membelinya.

    Emas perhiasan tersedia dalam berbagai macam karat, di antaranya 18 - 24 karat. Untuk investasi, alangkah baiknya bila Anda memilih emas perhiasan senilai 24 karat. Ini karena kemungkinan emas perhiasan Anda bisa dijual kembali jauh lebih besar dibanding emas perhiasan yang 18 karat. Sekali lagi, investasi dalam bentuk emas perhiasan biasanya baru akan memberikan hasil yang menguntungkan dalam jangka panjang, bukan jangka pendek.

    Investasi emas yang menurut saya cukup baik adalah investasi emas dalam bentuk batangan (emas logam mulia). Emas ini cukup baik bila dijadikan investasi, dan siapapun tak menyangkal bahwa emas batangan -berbeda dengan emas perhiasan- mudah untuk dijual kembali. Selain itu, emas batangan tidak meminta ongkos pembuatan seperti halnya emas perhiasan. Karena itu, bila Anda ingin melakukan investasi emas, maka tak ada salahnya Anda mempertimbangkan investasi dalam bentuk emas batangan.

    Lainnya adalah Koin Emas ONH (ongkos naik haji). Maksudnya, dari koin emas ini diharapkan bisa sebagai alternatif investasi bagi mereka yang ingin menabung untuk mempersiapkan biaya ibadah Haji.

    Penamaan ONH ini sebetulnya hanya taktik pemasaran saja. Kenyataannya, walau namanya Koin Emas ONH, tetapi investasi ini sama saja dengan investasi emas lainnya karena harga emasnya sama saja. Harganya sama dengan harga emas yang mengikuti harga mata uang asing (dolar AS), dan aman terhadap inflasi. Artinya, orang yang tidak beragama Islam sekalipun bisa berinvestasi dalam Koin Emas ONH ini karena sebetulnya investasi ini sama saja dengan investasi emas lainnya. Bahkan, penamaan ONH pada Koin Emas tersebut sebetulnya akan sangat menguntungkan pemegangnya, karena emas tersebut akan lebih memiliki positioning yang lebih baik dalam pemasarannya.

    Koin Emas ONH dapat dibeli dan dijual kembali di cabang-cabang PT Pegadaian di seluruh Indonesia, toko emas, dan unit pengolahan dan pemurnian logam mulia PT Aneka Tambang Tbk. Ukurannya mulai dari berat 1, 5, dan 10 gram.

    eisenhower
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 2329
    Age : 31
    Lokasi : medan sekitarnya
    Registration date : 06.10.08

    Re: Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by eisenhower on Mon Oct 06, 2008 8:22 pm

    hmm...
    saya setuju si dengan emas sebagai investasi penangkal inflasi
    tapi zaman sekarang masi banyak sarana yang lebih murah daripada emas
    kalo investasi emas kan ga semua orang bisa karena harganya yang relatif mahal
    inflasi juga sebenarnya tergantung dari real interest rate dari 1 negara
    real interest rate itu adalah selisih antara suku bunga bank dengan laju inflasi tahunan
    kalo posisi positif sih secara umum kita tidak perlu mengkhawatirkan inflasi karena suku bunga masi bisa menutupi, kalo negatif berarti kita sudah harus mencari instrumen investasi yang lainnya yang lebih menguntungkan
    diantara investasi yang umumnya mengalahkan inflasi bisa berbentuk reksadana ato bahasa kerennya mutual fund.
    reksadana itu sebenarnya ada banyak jenis, kalo dibahas disini smua sih agak susah yah. intinya itu reksadana mengumpulkan dana kolektif dari masyarakat dan dikelola secara profesional oleh seorang fund manager.
    dana kolektif itu kemudian dipecah dan dibagi berdasarkan kontrak dengan nasabah.
    ada ke obligasi,pasar uang, pasar modal, juga ke komoditas berupa emas.
    perlu diinformasikan bagaimanapun jangan melemparkan semua uang anda dalam 1 tempat, diversifikasi investasi anda untuk mengurangi resiko.selalu sediakan dana likuid untuk keperluan mendadak.

    Tamu
    Tamu

    Re: Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by Tamu on Thu Oct 09, 2008 4:22 pm

    lebihbaik investasi ke tanah aja
    pemerintah cina aja udah tidak menjualkan tanahnya kepada rakyatnya
    tanah sudah habis
    ga tau deh tanah di gurun Gobi.
    mumpung tanah indo murah2 bole dibeli deh.

    valium
    WarungKopi Super Star
    WarungKopi Super Star

    Male
    Jumlah posting : 427
    Age : 33
    Lokasi : bengkulu
    Registration date : 23.09.08

    Re: Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by valium on Wed Oct 29, 2008 9:31 am

    bagus nya emas kuning atau mas putih ya??? beda nilai investasi nya dimana?

    i_am_badboyz
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 2412
    Age : 32
    Lokasi : M-City
    Registration date : 23.10.08

    Re: Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by i_am_badboyz on Sun Nov 09, 2008 1:36 pm

    bagusan emas kuning tuh...
    soalnya isa dijual lebih tinggi tuh

    whats up
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 1496
    Age : 33
    Lokasi : M-City
    Registration date : 18.09.08

    Re: Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by whats up on Sun Nov 09, 2008 4:24 pm

    yup emas kuning lebi bagus apalg yg kadar 90%lebi gt,nilai jualnya lebi tinggi daripada emas putih,lagean kl emas putih dipake lama2 bs jd kekuningan2 jg

    King.herlmand
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting : 1743
    Age : 33
    Lokasi : Tempat paling rame
    Registration date : 03.10.08

    Re: Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by King.herlmand on Sun Nov 09, 2008 9:59 pm

    Seandainya ada tambang emas dmdn?

    sakura_boyz
    King Of Warkop
    King Of Warkop

    Male
    Jumlah posting : 2525
    Age : 32
    Lokasi : M.E.D.A.N city
    Registration date : 17.09.08

    Re: Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by sakura_boyz on Tue Nov 18, 2008 9:46 pm

    King.herman wrote:Seandainya ada tambang emas dmdn?

    Ini kq OOT terus? sampe kemana pun OOT terus!!!!

    harga emas skrg lage naek dan harga US dolar juga naek yah..
    dah hampir menyentuh 12000/dolar US..
    Gilek..
    But harga minyak yg merosot terus..
    ada apa sebenarnya?

    Sponsored content

    Re: Emas sebagai penangkal Inflasi

    Post by Sponsored content Today at 7:32 pm


      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 7:32 pm