WarungKopi

    Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Share

    sakura_boyz
    King Of Warkop
    King Of Warkop

    Male
    Jumlah posting: 2525
    Age: 30
    Lokasi: M.E.D.A.N city
    Registration date: 17.09.08

    Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by sakura_boyz on Wed Oct 15, 2008 6:41 pm

    Mmm.. Sebenarnya ini adalah topik dari Shia2x..

    Gini, menurut teman2, makanan apa yang harus dihindari oleh penderita cacar?? Karena shia2x saat ini terkena sakit cacar..

    Makanan apa yang boleh dikonsumsi dan es krim bole ga ya?????????

    Nah, jawaban dari para user akan sangat membantu sis..

    Pliz kasi solusi terbaik yah..

    sakura_boyz
    King Of Warkop
    King Of Warkop

    Male
    Jumlah posting: 2525
    Age: 30
    Lokasi: M.E.D.A.N city
    Registration date: 17.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by sakura_boyz on Wed Oct 15, 2008 6:49 pm

    Neh ane bagi sedikit tips.. Ga berhubungan dengan makanan seh but penting untuk diketahui yah..

    1. Cacar itu menular. Tapi orang yang sudah pernah menderita cacar tidak akan tertular. Namun bila dulu keluarnya ga banyak, ada chance terkena untuk kedua kali. Virus cacar menular melalui sentuhan dan udara.

    2. Suntik cacar memang bisa menghentikan penyebaran virus bisa masih dalam tahap gejala. Tapi penyembuhan dengan cara suntik masih sangat rentan akan tertular virus ini untuk kedua kalinya.

    3. Acyclovir adalah obat cacar. Ada 2 jenis Acyclovir, obat tablet yg diminum dan salep yang di oles. Rajin2 oles ke bintik2 cacar agar cepat kering.

    4. Setelah minum obat, jangan segera berharap penyebaran cacar akan berhenti. Justru akan semakin parah . Jadi jangan kaget dan marah2 ke dokternya ya. Justru obat itu berfungsi untuk mengeluarkan semua cacarnya.

    5. Mandilah. Banyak mitos mengatakan kalo org cacar dilarang mandi, ini tidak benar. Lebih baik mandi agar tubuh lebih segar dan tidak gatal. Mintalah obat mandi antiseptic (Phisohex) ke dokter dan mandi dengan air hangat yang telah di tetesi Dettol.

    6. Paling penting : JANGAN GARUK !! Gara2 lalai, skrg saya punya bintik hitam di jidat..
    7. Masa2 penyembuhan adalah masa yang sangat berpotensi menulari orang2 disekitarnya. Hal ini karena luka2 cacar yg telah kering akan terbawa udara dan terhirup orang lain.

    8. Setelah sembuh, bantal dan kasur bekas tidur penderita cacar segera dijemur dibawah terik matahari agar kuman2nya mampus.

    Sekian tips2 dari saya, moga2 bermanfaat dan tidak sesat


    Terakhir diubah oleh sakura_boyz tanggal Wed Oct 15, 2008 8:31 pm, total 1 kali diubah

    BTeo
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting: 2186
    Age: 31
    Registration date: 17.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by BTeo on Wed Oct 15, 2008 7:20 pm

    Wah, informasi dari bro sakur dah cukup lengkap yao.
    Gw juga pernah kena cacar seh, keknya gw nambahin sikit aja deh terutama soal pantangan makan.

    1. Jangan makan yang bisa memicu alergi ato yang berprotein tinggi. Cth: Telur dan Udang. Tujuannya supaya gak tambah gatal. Ini logika sederhana.

    2. Klo "mamak-mamak" legendnya adalah gak boleh makan ayam, kecap en cuka. Alasannya gak jelas. Tapi klo kata orang tua gak boleh, turuti aja. Karena ada hal2 yang tidak bisa dijelaskan ilmu kedokteran.

    3. Buah yang tidak boleh dimakan umumnya golongan berry, spt strawberry, raspberry, blueberry dkk, krn bisa memicu alergi. Klo ada alergi tertentu ama buah, hindari aja

    4. Jangan makan yang pedes2.

    5. Banyakin makan yang rebus2.

    6. Biasanya penderita cacar dikasi acyclovir oral dan topikal, tapi sebenarnya cacar adalah penyakit self limiting. Dengan kata lain, tak perlu diobati pun bisa sembuh sendiri. Saran ane seh makan obat anti alergi seperti interhistin untuk mengurangi gatal saja.

    7. Memang betul penderita cacar boleh saja mandi, namun klo cacar tersebut disertai demam JANGAN SEKALI-KALI MANDI. Bisa "tiok kam" kata mamak2 kita. Memang tidak ada bukti ilmiah tentang hal ini. Namun turuti saja. Gw dah beberapa kali tiok kam. Sangat menderita lor. HANYA MANDI KALAU SEDANG TIDAK DEMAM.

    8. Untuk mandi pertama setelah demam turun, minta ramuan rempah dari toko Obat Cina untuk air mandinya. Itu untuk menghilangkan bekas cacar. Sangat ampuh lor. Gw dan adek gw dah buktiin (gw pake en dia gak).

    9. Plis jangan kena angin, pakailah jaket kemana pun anda pergi.

    10. Paling penting! JANGAN GARUK!

    shia shia
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1020
    Age: 23
    Lokasi: MEDAN
    Registration date: 26.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by shia shia on Wed Oct 15, 2008 9:47 pm

    thanks bro.......makasi info nya kalo ada info lagi tolong di posting yah wa akan 24 jam awasi ni topic

    Tamu
    Tamu

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by Tamu on Thu Oct 16, 2008 12:19 am

    mantap kl saran dan tipsnya...
    w sih da lupa liau ar wkt w kena cacar...
    habisnya wkt itu ms kecil ar... orang rumah
    jg gak ada yg kena ar...
    tp nasehat mengenai jgn di Garuk itu memang
    BENAR ar

    shia shia
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1020
    Age: 23
    Lokasi: MEDAN
    Registration date: 26.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by shia shia on Thu Oct 16, 2008 12:20 am

    thaanks yah

    Tamu
    Tamu

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by Tamu on Thu Oct 16, 2008 12:29 am

    same2...

    k3v1n_fan
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Male
    Jumlah posting: 1789
    Lokasi: EartH
    Registration date: 17.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by k3v1n_fan on Thu Oct 16, 2008 12:32 am

    kena cacar air..mending byk istrihat di rmh...byk minum air...
    jgn digaruk2...
    jgn mam seafood..jgn mam kecap hitam
    jgn mandi air dingin..
    jgn sering2 posting di warung kopi ampe larut malam sehingga kurang istirahatnya

    janti
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1653
    Age: 29
    Lokasi: Medan
    Registration date: 19.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by janti on Thu Oct 16, 2008 12:00 pm

    waduh.. waktu kena cacar tuh w masi sd jd da lupa..
    cuman inget ga bole makan kecap manis aja..
    tu yg dr bro2 da lengkap tu shia..
    cepet sembuih ya shia.. Smile

    shia shia
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1020
    Age: 23
    Lokasi: MEDAN
    Registration date: 26.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by shia shia on Thu Oct 16, 2008 2:51 pm

    thanks sis

    chejei
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1919
    Age: 23
    Lokasi: Medan
    Registration date: 20.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by chejei on Thu Oct 16, 2008 3:18 pm

    hmph, ga ble makan kecap manis itu karen tar bisa jadi jejak gt.. kecap kan warna nya itam, jadi tar kalo makan banyak kecap gt.. tar bisa ada jejak ato bekas cacar gt di kulit kita...

    emph, da gt, katanya ga ble makan salak.. tar kulit kita jadi kek kulit salak..

    huahaha.. bnyk mitos jaman dulu...

    eh, prasaan dulu gue kenak cacar masi pake kipas angin, gara gara panas.. ga kenapa kenapa tuh.. yg ini deh gue bingung.. huahaha....
    tapi bagus nya jaga deh...

    so, itu mitos ga ada salah nya di turutin, buat kebaekan diri sendiri juga...

    vinn_ipoyo
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1897
    Age: 25
    Lokasi: Sumwhere i belong...
    Registration date: 26.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by vinn_ipoyo on Fri Nov 14, 2008 3:21 pm

    Mantap deh tips" na..hahaha
    mgkn ini akn brguna buat w kelak jg ho..hehe
    w lom pernah kena cacar neh..da segede bgene...haiz..
    soale, dlu w pas masi bebi d suntik anti cacar seh kt mom w...
    pas masi sma, tmen sebelah w..kena cacar..tp w ga ktularan tuh..
    pdhl ddk pas d sblah na lo..sdgkn tmn w yg skelas tp ga ddk brdkatan mala kena...ckckck...
    pd saat itu, smua yg lom kena cacar rata" tertular..cuma w yg kaga..
    aneh ga seh?? hahaha...mgkn karna efek d suntik it kali yah...
    kt mom w, kalo bisa kena juga paling kluarna dkit aja..ga sbyk biasanya..
    nurut bro n sis, bisa kena lage pa ga yah??
    berhub kmaren w jg br ktmu sia, tp w jg ga ktularan...hahaha

    shia shia
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1020
    Age: 23
    Lokasi: MEDAN
    Registration date: 26.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by shia shia on Fri Nov 14, 2008 8:41 pm

    cpd wa kan da sembuh nek jadi ga menularkan ke u lo nek.....klao wa pilih seh wa kecil yang kena ga mau da gede kena..mesti jaga mam gi ampun dah salah mam berbekas haiyah ribet lah..n pasti klao pas kena cacar air nnagis tanpa sebvab aj...wa gitu .....nangis muyu...jijik ma badan wa yang tiaba tiba banyak bintik bintik merah....n wa ga berani berkaca,,,kata mam wa ga boleh mama telur selama 3 bulan ..kalo mam telur ntar mulut n napas kita bauk amis n ga bisa sembuh yau......mau berobat keman pun ga bisa sembuh(bayangin lo mulut bauk mana bisa kiss lagi???Mau ngomong pun gak pede) ampun dah...hahahahaha

    vinn_ipoyo
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1897
    Age: 25
    Lokasi: Sumwhere i belong...
    Registration date: 26.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by vinn_ipoyo on Sat Nov 15, 2008 12:28 am

    Jah..bC tUh yg d p0st bro sakur
    di no.7..u kn msh dlm maxa pnymbuhan kn shia? L0m xmbh t0tal mah kn? Luka u br kering jg n0h w liat..
    Ga blh mam telur,so kmrn kq mam r0ti leh?
    Jgn mam ge dh sia

    shia shia
    WarKop Super DIVA
    WarKop Super DIVA

    Female
    Jumlah posting: 1020
    Age: 23
    Lokasi: MEDAN
    Registration date: 26.09.08

    Re: Makanan pa yang harus dihindari bagi penderita cacar??

    Post by shia shia on Sat Nov 15, 2008 3:17 pm

    kan ga langsung telor mah kan di proses n di campur gi mah....tu mah gakpap lo..kalo langsung makan telur yah ga bole lo...da kering vin tinggal bekas aj....

      Waktu sekarang Wed Oct 01, 2014 6:54 am